Seminar Pendidikan Bahasa Arab

Palu-Peringati Hari Bahasa Arab Se-Dunia 18 Desember 2019, HMJ PBA FTIK IAIN Palu menggelar Seminar Pendidikan Bahasa Arab dengan tema “Antara Problematika dan Cita-cita Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”. Seminar yang berlangsung di aula FTIK tersebut menghadirkan Muammar Ahsanul Hilmar L.C., M.A. Alumni International University of Africa, Sudan.

Dekan FTIK Bapak Dr. Mohamad Idhan, S.Ag., M.Ag. yang membuka kegiatan tersebut menyatakan betapa pentingnya belajar Bahasa Arab apalagi sebagai seorang muslim karena Bahasa Arab merupakan Bahasa Al Qur’an. Beliau juga berpesan agar Prodi Pendidikan Bahasa Arab mengkampanyekan Cinta Bahasa Arab kepada seluruh elemen mahasiswa maupun masyarakat.

Muammar Ahsanul Hilmar L.C., M.A. sebagai pemateri menjelaskan bahwa ada beberapa problem pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia antara lain semakin berkurangnya minat masyarakat dengan Bahasa Arab. Hal ini merupakan salah satu upaya sekularisasi musuh-musuh Islam terhadap negara-negara Islam. Solusi untuk menumbuhkan kembali minat mahasiswa dan masyarakat umum yaitu dengan mengingatkan bahwa sebagai muslim menguasai Bahasa Arab adalah sebuah keharusan.

Problem yang kedua adalah Bahasa Arab selalu dirasa sulit oleh setiap pembelajarnya terutama mahasiswa. Mengatasi hal tersebut, sebaiknya pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Thoriqotul Mubasyiroh karena pembelajaran dengan metode langsung selalu lebih efektif dalam mengajak mahaiswa untuk lebih berani berbicara dengan Bahasa Arab.

Selain seminar, kegiatan juga diwarnai dengan penampilan seni oleh mahasiswa Prodi PBA. Seni yang ditampilkan antara lain tari, ghina araby, puisi dan stand up comedy.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *