Visi, Misi & Tujuan 2019

Visi

Menjadi fakultas yang unggul dalam pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan berbasis keilmuan dan peradaban Islam klasik pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan dengan mengacu kepada kurikulum yang berwawasan Islami dan berkarakter peradaban Islam klasik.
  2. Mewujudkan proses pendidikan dan pembelajaran dalam suasana akademik untuk menjamin terlaksananya pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki keilmuan dan berkarakter Islam rahmatan lil ‘alamin.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan Islam untuk mendukung terwujudnya pengembangan prosesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan yang berbasis keilmuan dan karakter Islam rahmatan lil ‘alamin.
  4. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan kehidupan masyarakat muslim dengan bercirikan Islam rahmatan lil ‘alamin melalui kegiatan pendidikan dan pembelajaran, kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial.
  5. Melaksanakan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka mewujudkan tri darma perguruan tinggi untuk mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, memiliki kedalaman keilmuan Islam serta berkarakter Islami, istiqamah, toleran dan berdedikasi tinggi.

Tujuan Pendidikan dan Kompetensi/Kemampuan Lulusan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang memiliki kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran sesuai standar kurikulum yang berwawasan dan berkarakter Islami.
  2. Mewujudkan suasana akademik yang mendukung terbentuknya sarjana pendidikan Islam yang memiliki keilmuan dan karakter Islam rahmatan lil ‘alamin.
  3. Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan pendidikan Islam untuk mendukung terwujudnya pengembangan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan yang berbasis keilmuan dan karakter Islam rahmatan lil ‘alamin.
  4. Menghasilkan karya pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan kehidupan masyarakat muslim dengan ciri Islam rahmatan lil ‘alamin, melalui kegiatan pendidikan dan pembelajaran, kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial.
  5. Mewujudkan naskah kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka mewujudkan peran tridarma perguruan tinggi untuk mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional memiliki kedalaman ilmu pengetahuan Islam serta karakter yang mencerminkan Islam yang istiqamah, toleran, berdedikasi dan profesional.