Visi, Misi & Tujuan PGRA

Jurusan PGRA adalah salah satu jurusan di FTIK yang keberadaannya bersamaan dengan Jurusan pGMI. Jurusan ini dipersiapkan untuk menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang akan melahirkan guru di lingkungan Raudhatul Athfal (RA) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurusan ini resmi beroperasi berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 163 Tahun 2014 tertanggal 15 Januari 2014. Jurusan ini sengaja di usulkan sebagai bentuk respon terhadap program pemerintah yang mencanangkan penguatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diseluruh pelosok tanah air.  Oleh karena itu, alumni PGRA diharapkan dapat menjadi lokomotif penggerak PAUD/RA yang berbasis relegius Islam.

  • Ketua Jurusan PGRA : Dr. Hj. Marwany, M.Pd.
  • Sekertaris Jurusan PGRA : Hikmatur Rahmah, Lc., M.Ed.

Visi

“Menjadi program studi yang unggul dan Kompetitif dalam pengembangan metodologi dan teknologi pembelajaran Raudhatul Athafal yang toleran di Tahun 2035”

Misi 

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran berbasis Metodologi dan teknologi pembelajaran di bidang Pendidikan Guru Raudhatul Athfal secara profesional, kompetitif dan integratif yang toleran.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang pengembangan metodologi dan teknologi pembelajaran PGRA.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada penguatan dan pengembangan penyadaran arti penting pendidikan PGRA.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk menghasilkan tenaga edukatif dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan peserta didik dalam bidang PGRA yang berbasis pengabdian masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Raudhatul Athfal secara profesional, kompetitif dan integratif yang toleran.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang pengembangan metodologi dan teknologi pembelajaran PGRA.
  3. Mewujudkan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada penguatan dan pengembangan penyadaran arti penting pendidikan PGRA.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk menghasilkan tenaga edukatif dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan peserta didik dalam bidang PGRA yang berbasis pengabdian masyarakat.

Lapangan Pengabdian Lulusan

  1. Tenaga profesi guru Agama Islam/guru kelas di TK/PAUD dan RA.
  2. Tenaga/pegawai di berbagai instansi di dalam negeri maupun luar negeri.
  3. Manager dan adminstrator pada lembaga-lembaga pendidikan.
  4. Dosen pada perguruan tinggi negeri dan swasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *